Minggu, 15 April 2012

Wikileaks Mengaku Sulit Pecahkan Sandi Indonesia!


Wikileaks Mengaku Sulit Pecahkan Sandi Indonesia!

Wikileaks, situs yang mengguncangkan dunia, dengan memuat berita - berita yang bersinggungan dengan suatu negara, membuat merah telinga yang di singgung. Dokumen Amerika berhasil di bobol dengan mudah kemudian disebarkan ke seluruh dunia. Konten yang membuat pro kontra. Ada yang senang, tetapi ada juga yang tak senang. Tetapi, menurut pihak Wikileaks, mereka mengaku sulit memecahkan kata - kata sandi dari Indonesia!


Menurut dokumen - dokumen rahasia yang didapat oleh Wikileaks, badan inteligen Amerika Serikat, CIA, dan badan keamanan nasional Amerika Serikat, NSA, menangkap pesan - pesan singkat ( SMS ) dari dan ke Indonesia. Pesan - pesan tersebut mempunyai traffic yang cukup besar. Pesan - pesan ini membuat mereka curiga karena semua pesan singkat tersebut penuh dengan sandi yang berisi kode angka, huruf dan simbol. Sekilas kode - kode ini terlihat sederhana. Namun, para ahli kriptografi ( ahli sandi ) berpendapat sandi ini lebih kompleks dari yang terlihat. Kalimat - kalimatnya pendek, dan kata - katanya jauh lebih singkat dari kata - kata normal dalam bahasa Indonesia.

Selain itu, tampaknya ada sebagian kata yang merupakan gabungan dari beberapa kata tetapi punya arti lain ( portmanteaux ). Bahasa yang digunakan sepertinya juga bukan bahasa Indonesia pada umumnya, atau mungkin di ambil dari bahasa daerah.

Seorang agen yang menyelidiki pesan - pesan ini menyatakan: "Pesan berisi kode yang kirimkan lewat jalur terbuka seperti layanan SMS membuktikan orang yang mengirim yakin bahwa kodenya tidak mudah untuk dipecahkan, setidaknya sampai informasi yang dikode sudah tidak valid lagi. Kode ini harus dipecahkan secepatnya karena bisa mengancam keamanan nasional". Pernyataan ini berada dalam sebuah laporan di dalam salah satu dokumen yang didapat olehWikileaks.

Berikut contoh pesan yang didapat oleh Wikileaks:

Owh ea muuph lupa ng@s1h s4L4m,,,, Ini EnDoet LuThuwna EmbeM C@ianK Cmu@na. Inged gag kag? Eh, kug blzna pjg bgd ch? Gi ng4ps?

Sumber : 
http://www.belantaraindonesia.org/2011/03/wikileaks-mengaku-sulit-pecahkan-sandi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar